Jumat, 30 November 2012

Kajian Riyadusholihin : Kandungan Al Quran

Kajian Riyadusholihin rutin bada Subuh, edisi Jumat 30 November 2012, dibawakan oleh Ustadz Hasan Faruqy. Kajian bada Subuh ini diikuti oleh bapak-bapak dan ibu-ibu warga Mitra Dago, sampai dengan datangnya waktu syuruq.


Materi yang dibahas adalah kandungan Alquran. Menurut Imam (?), kandungan Al Quran terdiri dari 3 (tiga) tema utama yaitu : Kisah-Kisah (Qashash), Hukum (hakam) dan Tauhid. Bahkan kisah-kisah umat manusia terdahulu diabadikan dalam satu surat Al Quran yaitu Surat ke 28 (Al Qashash). Kisah-kisah umat terdahulu dijelaskan dalam Alquran dengan maksud menjadi bahan pelajaran bagi umat manusia. Disamping itu, ada sebab lain yaitu karena sejarah / kisah umat manusia selalu berulang sehingga sangat relevan kalau dijadikan bahan pelajaran sampai saat ini. 

Sedangkan berkaitan dengan makna tauhid, ada 3 (tiga) sifat tauhid, yatu : 
a. Tauhid yang sifatnya mutlak, jika ditinggalkan maka menyebabkan musyrik.
b. Tauhid yang sifatnya wajib, jika ditinggalkan akan menyebabkan DOSA BESAR, misalnya melakukan perbuatan Zina.
c. Tauhid yang sifatnya penyempurna, jika ditinggalkan maka imannya kurang sempurna namun tidak menyebabkan yang bersangkutan kehilangan ketauhidannya, misalnya menyingkirkan duri dari jalan. 

Sebagai penutup kajian subuh, maka para jamaah mendapatkan PR untuk menghapal QS 04:60-65. Dan ditutup dengan Shalat Sunnat Syuruq dua rakaat, untuk mendapatkan pahala haji dan umroh, sempurna, sempurna, sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda