Jumat, 30 November 2012

Renovasi Dinding Pembatas Komplek Mitra Dago Sebelah Timur

Sekitar dua tahun ini, dinding pembatas Komplek Mitra Dago sebelah timur, tepatnya di depan halaman Masjid Baiturrahman, dengan perumahan warga Cihaurkuku miring. Hal ini tentu membahayakan warga tetangga, karena kemiringannya ke arah lingkungan warga tetangga. Di sampng itu, ternyata jarak antara dinding pembatas tersebut dengan rumah warga sangat dekat sehingga jika sampai roboh, hampir dapat dipastikan akan menimpa rumah warga tetangga.

Dari hasil survey lapangan diketahui, miringnya dinding diakibatkan oleh kualitas penyangga dinding yang tidak bagus. Beberapa penyangga dinding ternyata tidak ditanam dalam pondasi yang cukup dalam, sehingga mudah bergeser dengan berjalannya waktu, apalagi kalo ada kejadian alam misalnya gempa, aliran air yang deras dll. Bayangkan saja, ukuran dinding dengan panjang sekitar 40 meter x 4 meter dan berbobot 3-4 ton (?), kalau tidak ditopang oleh penyangga dinding yang kuat pasti sangat berisiko. Apalagi di sekitarnya ada aktivitas warga yang cukup tinggi.


Akhirnya diputuskan untuk merenovasi tiang penyangga dinding sebanyak 9 (sembilan) titik, untuk mencegah dinding ambruk atau semakin miring. Dan materialpun sudah disiapkan di halaman Masjid Baiturrahman, agar pekerjaan bisa segera dimulai.

Namun sayang, waktu pelaksanaannya kurang tepat karena antara bulan November ini s.d. awal tahun depan merupakan musim penghujan. Pekerjaan pengecoran akan sangat terganggu dan kualitasnya juga tidak bagus jika dilakukan pada musim hujan. Dengan tertundanya pekerjaan renovasi penyangga dinding tersebut, kita hanya bisa berdoa semoga tidak ada kejadian alam yang ekstrem atau sebab lain yang menyebabkan dinding keburu roboh. Amin.

Gambar material :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda